December 3, 2022

betwithajlv.com

The News Blog

Minyak Hati Ikan Cod atau Omega 3?

4 min read

Mana yang lebih berharga – Minyak Hati Ikan Cod atau Omega 3?

Minyak ikan omega 3 dan minyak ikan cod mengandung kadar asam lemak omega 3 esensial yang bermanfaat. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa minyak ikan cod juga mengandung vitamin A dan D. Banyak orang percaya bahwa lemak tidak sehat tetapi tidak selalu demikian. Omega 3 adalah lemak sehat.

Asam lemak esensial yang ditemukan dalam minyak ikan tidak jenuh ganda dan memainkan peran penting dalam fungsi tubuh. Mereka sangat penting untuk kesehatan setiap sel dan diperlukan untuk pembentukan membran sel. Dua dari asam lemak omega 3 yang paling penting adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak esensial sehingga perlu dikonsumsi dalam makanan kita. Suplemen minyak ikan dapat menawarkan cara sederhana dan terjangkau untuk membantu menambah pasokan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod dihasilkan dari hati ikan milik keluarga ikan kod. Minyak dalam ikan ini cenderung menumpuk di hati dan sebagai hasilnya, minyaknya juga tinggi vitamin A dan D. Vitamin A sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D penting untuk penyerapan tubuh dan penggunaan kalsium, dan sebagai hasilnya, membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tubuh secara alami memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Banyak orang memilih untuk mengambil suplemen minyak ikan cod selama bulan-bulan musim dingin, ketika sinar matahari alami dan vitamin D mungkin kekurangan pasokan.

See also  Pengobatan Alami untuk PCOS

Vitamin ini menawarkan manfaat lebih lanjut bila dikombinasikan dengan EPA dan DHA dalam minyak ikan. Namun, minyak hati ikan kod seringkali mengandung konsentrasi omega 3 yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak ikan omega 3.

Minyak Ikan

Ikan berminyak seperti makarel dan herring cenderung menumpuk minyak di lapisan lemak daging daripada di hati. Ini menghasilkan tingkat EPA dan DHA yang lebih terkonsentrasi. Karena minyak ini tidak diambil dari hati, mereka tidak mengandung vitamin A atau D.

Manfaat Asam Lemak Omega 3

Selama bertahun-tahun banyak yang berbeda manfaat kesehatan telah ditemukan untuk omega 3. Ini termasuk:

  • Jantung Sehat – Asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Studi juga menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan karenanya meningkatkan kesehatan jantung.
  • Nyeri Sendi dan Mobilitas – Sejumlah temuan penelitian menunjukkan bahwa EPA dapat menawarkan manfaat anti-inflamasi dan karenanya berkontribusi pada kesehatan sendi dan mengurangi rasa sakit seperti dari radang sendi.
  • Pukulan – Omega 3 dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat yang dapat meningkatkan kesehatan arteri dengan mengurangi penumpukan plak dan pembekuan darah serta mengurangi risiko stroke.
  • Fungsi otak – EPA dan DHA dapat membantu melindungi sel-sel saraf di otak, yang meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain secara efektif. Akibatnya, mereka sering disebut sebagai ‘makanan otak’.
  • Depresi dan Suasana Hati – Sejumlah penelitian telah melihat secara rinci hubungan antara omega 3 dan depresi. Hasil telah menemukan bahwa tingkat EPA dan DHA yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan mudah tersinggung.
  • Keseimbangan Hormon – Omega 3 merupakan bagian integral dari produksi hormon. Akibatnya, mereka dapat membantu mengatur produksi hormon dan menawarkan bantuan dari kram menstruasi atau gejala menopause.
  • Kondisi Kulit – Jika Anda kekurangan omega 3 maka Anda mungkin menemukan bahwa kulit Anda kering dan pecah-pecah. Omega 3 dapat memberikan sifat anti-inflamasi yang dapat berguna dalam mencegah atau mengobati kondisi kulit seperti rosacea, psoriasis dan eksim.

Berapa Banyak Omega 3 yang Harus Saya Konsumsi?

Rekomendasi pemerintah saat ini untuk asupan ikan adalah dua porsi ikan segar setiap minggu. Lagi pula berpotensi berbahaya, karena racun dan polutan yang dapat ditemukan pada ikan segar. Suplemen minyak ikan dapat dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi karena minyak mengalami proses distilasi, yang memastikan semua racun dan polutan disaring dari minyak. Asam lemak omega 3 bermanfaat untuk orang dewasa dan anak-anak, meskipun dosis yang berbeda direkomendasikan:

  • Anak-anak antara 5 hingga 14 tahun – minum 500mg setiap hari.
  • Dewasa di bawah usia 40 tahun – jika Anda berusia di bawah 40 tahun dan bugar tanpa masalah kesehatan maka Anda mungkin hanya membutuhkan sekitar 1000mg setiap hari.
  • Dewasa di atas usia 40 tahun – jika Anda berusia di atas 40 tahun atau memiliki risiko penyakit jantung atau radang sendi yang lebih tinggi, maka Anda memerlukan dosis 2000mg per hari yang lebih tinggi.
  • Minyak hati ikan kod tidak boleh dikonsumsi dalam dosis di atas 2000mg karena kandungan vitamin A-nya. Vitamin A bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Gunakan infografis di atas untuk mempelajari tentang perbedaan utama sehingga Anda dapat memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Richard

Richard adalah lulusan biologi dan manajer Wholesome Life. Ketika dia tidak menulis artikel baru untuk situs tersebut, dia dapat ditemukan sedang mengedit, mengubah, dan meningkatkan konten untuk memastikannya bermanfaat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.